Seru..!! Dialog Ubudiyah 4 Madzhab

Salah satu rangkaian kegiatan di malam puncak haflah akhirussanah ponpes Al Falah Dempo Barat Pasean adanya kegiatan dialog ubudiyah empat madzhab. Dalam kegiatan ini dibahas beberapa persoalan ubudiah di antaranya masalah wudu' dalam tinjaun empat yakni  menurut imam Syafie, Hanafi, Maliki dan Hambali.
Menurut Dewan Ma'hadiyah dan Madrasiyah KH. Kholil Kawakib dalam paparannya kegiatan dialog ini bertujuan untuk membuka dan memperluas pemahaman tentang ibadah keseharian agar tidak mudah menyalahkan bahkan mengkafirkan salah satu madzhab karena perbedaan urusan fiqhiyah semata.
Hadir sebagai pemateri KH. Syafii, LC, beliau merupakan lulusan timur tengah yang juga sebagai salah satu dosen di Salah perguruan tinggi swasta di Pamekasan.
Dalam kajiannya menyampaikan "urusan perbedaan fiqhiyah bukan alasan untuk menjadi perpecahan di anatara umat Islam, tetapi sebagai rahmatan lil alamin" paparnya.
"Memahami Madzhab sebagai cara  untuk sempurnanya ibadah, bukan sebaliknya untuk saling memperdebatkan apa lagi sampai bermusuhan antara sesama" lanjutnya.
Acara yang dihadiri sekitar 1000 orang ini diwarnai dengan beberapa pertanyaan hadirin, sehingga membuat suasana bertambah seru.
Bahkan sang moderator memutuskan untuk tidak membuka dua termin pertanyaan sehubungan dengan waktu yang sudah larut malam.
Acara ini diakhiri dengan doa bersama dipimpin oleh KH. Zubairi salah satu dewan pengasuh pondok pesantren yang berlokasi di bagian utara kab. Pamekasan ini.
(Ys)


0 comments:

Yuk Bagikan

Galeri Madrasah