3 Keutamaan Bersegera Berbuka Puasa

Tentunya hal ini disayangkan mengingat begitu banyak keutamaan menyegerakan berbuka puasa. Berikut beberapa di antaranya:

1.Selalu berada dalam kebaikan

Dari Sahl bin Sa’ad ra. bahwasanya Rasulullah saw. Bersabda : “Manusia selalu dalam kebaikan, selama mereka segera berbuka .”(HR.Bukhari dan Muslim)

2.Disukai oleh Allah
Dari Abu Hurairah ra., ia berkata : Rasulullah saw. bersabda : “Allah Azza wa Jalla berfirman : “Hamba-hamba-Ku yang paling Aku sukai adalah yang paling cepat kalau berbuka puasa .”(HR.Turmudzi)

3.Rasulullah senantiasa meminta para sahabat untuk menyegerakan berbuka

Dari Abu Ibrahim Abdullah bin Auf ra., ia berkata : “Kami pergi bersama-sama dengan Rasulullah saw. Sedangkan beliau sedang berpuasa. Ketika matahari terbenam beliau bersabda kepada salah seorang di antara para sahabat: “Wahai Fulan, turunlah dan buatkan makanan untuk kami.”

Ia menjawab : “Wahai Rasulullah, nanti sore saja.”

Beliau bersabda lagi: “Turunlah dan buatkan makanan untuk kami.”

Ia berkata : “Sesungguhnya hari masih siang.”

Beliau bersabda lagi: “Turunlah dan buatkan makanan untuk kami.”

Abu Ibrahim berkata : “Kemudian si Fulan turun dan membuatkan makanan untuk para sahabat. Rasulullah saw. minum lantas bersabda : “Apabila kamu sekalian mengetahui bahwa waktu malam telah datang dari sini, maka orang yang berpuasa boleh berbuka.” Beliau menunjuk ke arah timur.”(HR.Bukhari dan Muslim)

Demikianlah, semoga menjadi catatan untuk kita bersungguh-sungguh, tidak perlu berbuka langsung dengan makanan berat. Cukuplah dengan seteguk air atau sebutir kurma saja, baru setelah itu menunaikan ibadah shalat Maghrib.

Sumber: Ummi-online.com

Foto ilustrasi: google


0 comments:

Yuk Bagikan

Galeri Madrasah